Cara Membuat Layang-layang Delta - Ayo Membuat

Post Top Ad



Cara Membuat Layang-layang Delta

Alat serta Bahan Membuat Layang-layang:
  • Tusuk sate
  • Gunting
  • Kantong plastik besar
  • Selotip
  • Penggaris
  • Benang
  • Pena
Cara Membuat Layang-layang:
  1. Siapkan kantong plastik yang besar. Kantong berkebun atau kantong sampah yang besar yaitu yang bagus. Kantong plastik biasa akan kurang cocok untuk layang-layang Anda serta kurang besar untuk dapat menerbangkan layang-layang Anda cukup tinggi.
  2. Tempatkan kantong plastik di atas permukaan datar. Anda akan memerlukan permukaan yang datar serta bersih untuk memastikan layang-layang di buat selurus mungkin.
  3. Awali pekerjaan dari lipatan bawah. Gambar setengah dari layang-layang. Lipatan sepanjang 29 cm. Garis bawah sepanjang 27 cm serta berakhir 3,75 cm lebih tinggi dari titik awalannya. Garis atas menghubungkan dari sisi atas lipatan ke ujung garis bawah.
  4. Gambar satu garis ini akan disebut dengan sebagai garis lipat. Lantas berikan sayap selebar 5 cm yang dimulai 6,35 cm dari titik awal garis atas serta terus sampai ke bawah.
  5. Dua tepi Anda saat ini akan jadi sisi empat kecil, bukannya titik. Ketika membuka kantong plastik itu, ukurannya jadi berlipat dua.
  6. Mulai dari dekat bagian atas lipatan bawah, gambarlah dua segi dari satu segitiga (segi ketiga yaitu tepinya). Setelah selesai menggambar seluruh titik di tempatnya, balik serta jiplak pada segi yang satunya.
  7. Gambar lunas Anda secara terpisah. Ini yaitu segitiga kecil yang akan mengontrol penerbangan layang-layang. Ukurannya setinggi 14,5 cm serta selebar 11,6 cm.
  8. Gambar kedua garis dimulai dari satu titik serta sambungkan keduanya dengan garis ketiga. Lantas potong dengan gunting.
  9. Tempelkan selotip di garis tepi layang-layang, terkecuali di sepanjang sayap-sayap 5 cm.
  10. Tempelkan selotip pada beberapa tepi layang-layang cuma di sekitar tengahnya saja untuk meminimalisir beban. Tidak pada sayap-sayapnya yang berada 6,35 cm dari atas serta lanjut hingga ke bawah.
  11. Pasang tusuk sate. Tusuk sate yang panjang dari kayu untuk barbeku panggang. Tusuk sate paling lurus yang Anda punyai dipasang di tengah. Potong sepanjang yang diperlukan serta potong ujungnya yang tajam.
  12. Tusuk sate ini seharusnya dimulai dari titik paling tinggi hingga ke bawah. Anda juga harus menempatkan tusuk-tusuk sate di tepi-tepinya.
  13. Letakkan satu tusuk sate pada tiap segi di garis lipat yang berakhir pada tepi sayap (6,35 cm dari atas).
  14. Tusuk sate ini juga bisa digunakan bila harus selurus tusuk sate yang diletakkan di tengah. 12,2 cm ke bawah dari bagian atas tusuk sate tengah, letakkan satu tusuk sate dengan posisi tegak lurus membentuk sebuah garis layang-layang.
  15. Potong sepanjang yang diperlukan dengan ujung-ujungnya bertumpu pada tusuk sate di kiri serta kanan. Sisi ini disebut dengan perentang serta membentuk susunan layang-layang. Gunakan lem di kedua ujungnya yang bertemu dengan tusuk sate pada beberapa segi layang-layang.
  16. Lakukan hingga selesai. Tempelkan dua utas benang pada kedua beberapa segi yang saling berseberangan. Balutkan selotip di sudut-sudutnya supaya memperkuat.
  17. Di mana ke empat benang bertemu, ikatlah dengan benang. Lantas di dekat ujung benang, buatlah simpul. Ikat ujung-ujung benang di sudutnya masing-masing jadi simpul juga serta mesti rapat dengan plastiknya.
  18. Setelah lem mengering pada layang-layang Anda. Lipat sayap-sayap layar yang mengganggu itu pada tusuk sate di kanan dan kiri serta rekatkan dengan selotip. Lantas lipat selotip yang Anda rekatkan sebelumnya di ujung-ujung bagian tusuk sate.
  19. Pasang dengan baik. Lubangi plastik di persilangan dua tusuk sate tengah. Pemasangan mesti sesuai sama sudut yang dibentuk oleh dua tusuk sate tengah. Masukkan benang-benang lunas atas lewat lubang lalu diikat.
  20. Lakukan cara yang sama pada tepi lainnya. Lubangi di mana bagan berakhir serta masukkan benang lewat lubang itu serta ikat dengan sempurna. Saat ini setelah bagan sudah disejajarkan dengan benar. Rekatkan selotip untuk melekatkannya pada plastik.
  21. Pasang benang serta ekor. Benang tambahan yang menggantung dari lunas Anda. Benang dengan dua simpul? Itu adalah tempat di mana Anda akan menempelkan benang.

Itulah cara atau peran penting bagan untuk mengontrol penerbangan layang-layang. Oleh karena itu pastikan dulu bagan tidak akan terlepas.

Sedangkan untuk ekor, mudah sekali, anda hanya perlu masukkan secarik plastik atau pita di antara tusuk sate tengah serta plastik lalu lingkarkan. Ekor ini bertugas sebagai hiasan, agar layangan anda semakin cantik. Jangan melingkarkan ekor dengan terlalu kencang, hingga Anda bisa melepasnya lagi nanti bila kemudian anda kurang suka dengan bentuknya.

Post Top Ad