Cara Membuat Layang-layang Tradisional - Ayo Membuat

Post Top Ad



Cara Membuat Layang-layang Tradisional

Alat serta Bahan Membuat Layang-layang:
  • Kertas konstruksi
  • Benang
  • Tongkat-tongkat atau pembersih pipa atau tusuk sate
  • Gunting
  • Penggaris
  • Spidol warna atau pensil
  • Selotip

Cara Membuat Layang-layang:
  1. Sediakan satu lembar kertas untuk membuat badan layang-layang. Jika anda tidak punya satu lembar kertas dengan ukuran yang dibutuhkan, Anda dapat menggabungkan empat lembar kertas dengan menggunakan selotip.
  2. Gunakan selotip untuk menggabungkan dua lembar kertas yang membentuk sisi atas, lantas satukan juga dua lembar kertas yang membentuk sisi bawah. Satukan kedua sisi itu dengan sempurna dan pastikan sudah terpasang dengan kencang.
  3. Potong ke empat sudut kertas supaya jadi bentuk layang-layang.
  4. Bentuk layang-layang butuh sedikit lebih panjang pada bagian bawah kurang lebih 7,62 cm dari titik puncak. Titik puncak yaitu di mana dua sudut kiri serta kanan layang-layang berada.
  5. Ikat dua buah tongkat atau pembersih pipa jadi satu dengan kencang. Tusuk sate dari kayu dapat Anda gunakan sebagai tongkat. Seluruh jenis benang bisa dipakai untuk mengikat kencang kedua tongkat.
  6. Selama ikatan tidak terlepas serta tidak memakai tali (tali terlalu tebal). Untuk memastikan kedua tongkat terikat pada tempat yang sesuai, sejajarkan terlebih dulu dengan kertas yang sudah dipotong jadi bentuk layang-layang. Potong kelebihan benang yang ada pada ikatannya.
  7. Buat 4 lubang di kertas berbentuk layang-layang pada tiap sudutnya. Masukkan benang lewat tiap lubang dan di sekeliling tiap tongkat.
  8. Bila Anda mau, sisakan sedikit tambahan pada bagian atas untuk memasukkan pita nantinya. Ikat tongkat di posisinya pada kertas berbentuk layang-layang.
  9. Ikat benang ke bagian kiri serta kanan tongkat secara horizontal. Lantas ikat benang ke tengah-tengah benang itu supaya jadi benang yang menerbangkan layang-layang. Benang ini digunakan sepanjang yang Anda perlukan untuk menerbangkan layang-layang.
  10. Ikat kertas atau pita di beberapa sudut layang-layang untuk membentuk ekor. Anda bisa memberikan sedikit material pada ujung layang-layang supaya menambah beban serta kapabilitas melayang. Ekor itu juga melengkapi penampilan layang-layang unik Anda.

Sumber : https://www.seruni.id/cara-membuat-layang-layang/

Post Top Ad