Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel - Ayo Membuat

Post Top Ad



Membuat Boneka Beruang dari Kain Flanel

Ada boneka yang bahan dan peralatannya sangat mudah didapatkan, yaitu boneka dari kain flanel. Kamu bisa mendapatkan bahan di toko-toko kain atau toko khusus kerajinan tangan di dekat rumah kamu. Setelah bahan di dapat, tinggal beraksi deh membuat boneka yang lucu.

Nah, sekarang ini, kita akan membuat boneka beruang dari kain flanel. Untuk alat, bahan, dan langkah membuatnya, kamu bisa lihat di bawah ini.

Alat Dan Bahan
Memotong pola yang sudah dibuat – youtube.com

Sebelum memulai membuat boneka beruangnya, terlebih dahulu kamu membutuhkan alat dan bahan. Ada beberapa alat dan juga bahan yang harus kamu persiapkan.
  • Kain Flanel
  • Benang dan jarum
  • Dakron
  • Manik-manik
  • Pita
  • Lem tembak
  • Spidol
  • Gunting

Cara Membuat Boneka Dari Kain Flanel
Setelah semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap, saatnya kita beraksi membuat boneka beruang yang lucu dari kain flanel.
  1. Membuat Pola Boneka
    Pola Boneka – google.com
    Pola untuk membuat sebuah boneka sangatlah diperlukan, karena dengan pola, kita akan lebih mudah untuk melakukan langkah selanjutnya.

    Kalau kamu kebingungan dan kesulitan untuk membuat pola boneka kamu sendiri, coba cari saja di google dengan keyword “pola boneka flanel” atau dengan bahasa Inggris “doll pattern“. Nah, di situ, kamu akan menemukan ide untuk membuat pola boneka kamu sendiri.
  2. Memotong Kain Flanel Sesuai Pola
    Memotong pola yang sudah dibuat – youtube.com
    Setelah pola dibuat, langkah selanjutnya adalah memindahkan pola ke atas kain flanel. Kamu bisa memotong terlebih dahulu polanya, baru kemudian menggambarkan pola di atas kain flanel dengan mengikuti pola yang sudah dipotong.

    Setelah pola digambar di atas kain flanel, barulah kamu potong kain tersebut mengikuti gambar pola yang sudah dibuat. Usahakan serapi mungkin agar hasil bonekanya menjadi rapi.

  3. Membuat Bagian Tangan
    Menjahit bagian tangan – youtube.com

    Nah, kemudian, bagian pertama yang akan kita buat adalah tangan boneka. Ambil pola tangan yang sudah kita buat sebelumnya, kemudian satukan dua pola yang sama bentuknya dan jahit bagian sisinya. Tapi, sisakan sedikit sisinya untuk memasukkan dakron.

    Mengisi bagian tangan dengan dakron – youtube.com
    Setelah bagian sisinya dijahit dan disisakan sedikit lubang, masukkan dakron dari sisi yang berlubang tersebut. Isi sampai penuh dan padatkan, lalu jahit lubang tersebut sampai tertutup rapi.
  4. Membuat Badan Boneka
    Menjahit bagian badan – youtube.com
    Kalau tangan boneka sudah selesai terbentuk, saatnya untuk memasangnya dengan badan. Ambil dua buah pola untuk badan, letakkan tangan di bagian tengah antara kedua pola tersebut. Setelah itu, jahit badan dengan tangan boneka, ingat, sisakan sedikit untuk memasukkan dakron.

    Mengisi bagian badan dengan dakron – youtube.com
    Setelah itu, barulah masukkan dakron dan padatkan sampai badan boneka terbentuk. Lalu, jahit lubang untuk memasukkan dakron tadi dengan rapi.
  5. Membuat Bagian Kepala
    Menyatukan badan dengan kepala – youtube.com
    Kemudian, lanjut ke bagian kelapa, ambil pola yang dibuat untuk kepala boneka. Pertama, buat dulu telinganya, jahit dan isi dengan menggunakan dakron, lalu jahit pada bagian kepala.

    Menjahit bagian kepala – youtube.com
    Setelah telinga, tempel bagian mulut dan buat pola seperti mulut menggunakan benang jahit. Kemudian, satukan kepala dengan badan, jahit antara kedua bagian tersebut dengan rapi. Sisakan sisi bagian atas kepala untuk memasukkan dakron.

    Mengisi bagian kepala dengan dakron – youtube.com
    Seperti tehapan sebelumnya, isi bagian kepala dengan dakron, jangan lupa padatkan sampai bagian kepala menggelembung. Lalu jahit lubang untuk memasukkan dakron tersebut dengan rapi dan tertutup rapat.
  6. Menjahit Mata Boneka
    Menjahit bagian mata – youtube.com
    Ambil manik-manik yang sudah disiapkan sebelumnya, letakkan di bagian kepala tepat pada tempat mata boneka. Kemudian, jahit manik-manik tersebut dengan rapi, atau bisa juga kamu tempelkan menggunakan lem tembak.
  7. Menjahit Bagian Kaki
    Menjahit bagian kaki dan menyatukannya – youtube.com
    Siapkan pola bagian kaki, satukan beberapa pola dan tempelkan menggunakan lem bembak, atau jahit pola yang memang perlu di jahit.

    Mengisi bagian kaki dengan dakron – youtube.com
    Setelah dijahit bagian-bagiannya, isi bagian kaki boneka dengan dakron sampai terisi penuh dan padat. Jahit sisi bagian kaki dengan rapi.
  8. Menempelkan Kaki Pada Badan
    Menempelkan bagian kaki boneka – youtube.com

    Setelah kaki boneka jadi, tempelkan pada badan boneka menggunakan lem tembak. Atau, kalau kamu mau bisa dijahit ke badan boneka.
  9. Menambahkan Hiasan Dasi Kupu-Kupu
Menambahkan pita pada boneka – youtube.com
Untuk menambah hiasan pada boneka, buat dasi kupu-kupu menggunakan pita. Cukup ambil pita, bentuk menyerupai dasi kupu-kupu yang biasa dipakai oleh masyarakat kita.

Nah, sudah jadi deh boneka beruang dari kain flanel. Mudah bukan? Bagaimana? Kamu tertarik membuat boneka beruang sendiri di rumah? Kalau iya, ajak adik atau anak kamu untuk membuat boneka ini. Agar kreatifitas mereka bertambah dan kedekatan antara saudara atau ibu dan anak jadi meningkat. Selamat mencoba!

Sumber : https://masfikr.com/cara-membuat-boneka-dari-kain-flanel/

Post Top Ad